Rabu, 02 Oktober 2013

Perang Dunia 1

 Perang Dunia 1 atau yang sering disebut dengan PD 1 merupakan salah satu sejarah peperangan yang cukup dramatis. Karena dalam pertempuran dan peperangan tersebut mengakibatkan tewasnya lebih dari 40 juta korban baik itu dari kalangan sipil ataupun militer. Perang dunia ini berlangsung selama empat tahun yaitu dari tahun 1914 hingga 1918.
Penyebab utama meledaknya peperangan tersebut adalah meninggalnya putra mahkota Austria-hongaria yaitu Frans Ferdinand.
Putra mahkota tersebut dibunuh oleh anggota kelompok teroris Serbia yaitu Gavrilo Principe. Pembunuhan tersebut terjadi di Sarajevo. Mengapa disebut sebagai Perang Dunia 1 ? karena sebelumnya belum pernah ada peperangan dan konflik yang cukup besar baik itu dari jumlah tentara yang dikerahkan serta terlibat dalam salah peristiwa penting di dunia ini. Dalam konflik tersebut juga menggunakan senjata kimia untuk pertama kalinya padahal kita ketahui sendiri penggunaan senjata kimia sangat dilarang di dunia ini.
sejarah-perang-dunia-1
Dalam proses pengunaan senjata kimia tersebut memang sungguh dahsyat dan luar biasa, banyak korban yang berjatuhan serta hancurnya kota-kota vital di dunia. Ini yang menandai sejarah Perang Dunia I berlangsung. Perang Dunia I ini berakhir dengan adanya kesepakatan penandatanganan peletakan senjata pada tanggal 11 November 1918.
Empat dinasti hadir dalam proses penandatanganan. Empat dinasti tersebut adalah dinasti Hasburg, Romanov, Ottoman dan Hohenzollem dimana keempat dinasti tersebut memiliki kekeuasaan hingga zaman perang salib. Akan tetapi, semuanya hancur dan jatuh setelah Perang Dunia.
Perang Dunia I ini juga menjadi tonggak sejarah hancurnya orde dunia lama serta berakhirnya monarki absolutisme di Eropa. Peristiwa penting tersebut juga memicu terjadinya revolusi di Rusia terhadap pemerintahan yang sangat otoriter. Revolusi yang dilakukan Rusia tersebut juga akan menginspirasi banyak negara di dunia untuk melakukan perubahan atau revolusi khususnya bagi negara Tiongkok dan Kuba. Karena kedua negara tersebut merupakan basis dari kedua kekuatan besar di dunia yaitu Uni Soviet dan Amerika Serikat.
Perang Dunia I Ini juga merupakan sebagai tonggak munculnya Nazi dan gerakan fasvio de combatemento. Kedua gerakan tersebut diprakarsai tokoh yang sangat terkenal pada masanya yaitu Adolf Hitler dan Benito Mussolini. Gerakan tersebutlah yang nantinya akan menyebabkan terjadinya peristiwa besar lainnya yaitu Perang Dunia II yang jelas-jelas sangat menganggu kedamaian dan keamanan dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar