Rabu, 02 Oktober 2013

Cara Mengatasi Bayi Yang Terlihat Kuning

 Bayi yang baru dilahirkan terkadang biasanya terlihat kuning bahkan dari hari kehari terlihat makin menguning. Hal ini disebabkan kadar zat bilirubin yang kurang pada bayi tersebut. pada bayi normal kadar bilirubin tersebut harus dibawah 12 namun terkadang pada umumnya seorang dokter anak akan memeriksa bayi dan jika kadar bilirubin tersebut sudah mencapai 10 maka dokter akan meminta bayi tersebut untuk diterapi agar kadar bilirubinnya tidak meningkat lagi.
Untuk mengetahui kdar bilirubbin pada bayi anda, dokter akan memeriksa kandungan kadar bilirubbin pada bayi anda. dokter akan mengambil sample darah anda. sebagai orang tua pastilah kita merasa sangatlah sedih jika bayi kita yang masih sangat kecil ditusuk jarum untuk mengambil sample darah tersebut, apalagi jika sampai dilakukan berulang-ulang karna bayi yang terlalu kecil sangatlah susah untuk menemukan pembeluh darah yang tepat.
bayi-kuning

Hasil dari tes kadar bilirubbin ini hasilnya akan diketahui setelah 1 jam. Bila kadar zat bilirubbin ini cukup tinggi pada bayi anda, bisa dilihat dari mata bayi tersebut yang terlihat kuning dan juga bagian lainnya seperti lidah dan seluruh tubuhnya. Kita bisa memeriksanya dengan cara menekan bagian tubuh bayi maka akan terlihat warna kuning. jika bayi tersebut memiliki kulit berwarna agak coklat maka anda menekannya agak sedikit lama dan warna kuningnya akan terlihat cukup jelas.
Cara mengatasi bayi yang terlihat kuning setelah dilahirkan adalah dengan membawanya ke dokter spesialis anak, dokter akan mengatasinya dan memonitor bayi anda. Anda ikuti anjuran dan saran-saran yang diberikan dokter untuk bayi anda. dokter juga akan menyuruh anda memperbaiki pola makan anda agar ASI anda memiliki kualitas yang baik yang akan di supply untuk bayi anda. Terkadang dokter juga akan memberikan obat yang akan diminum oleh sang ibu yang kemudian akan disalurkan ke sang bayi melalui ASI yang akan membantu mempercepat pemulihan kondisi tubuh bayi yang menguning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar