Rabu, 02 Oktober 2013

pengertian belajar menurut para ahli

elajar seringkali salah diartikan oleh kebanyakan orang, pengertian belajar sering disalah artikan sebagai pengertian pembelajaran. Padahal pengertian keduanya tentu berbeda jauh, maka dari itu disini akan membahas sedikit mengenai kedua hal tersebut, agar pembaca setelah membaca ini tidak memiliki pemahaman yang salah tentang kedua kata yang hampir mirip tersebut.
Sebelumnya mari kita telaah mengenai pengertian pembelajaran dahulu, pembelajaran memiliki banyak arti menurut para ahli. Menurut Warsita “pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik, sedangkan menurut Sudjana pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik dan pendidik yang melakukan kegiatan membelajarkan.
pengertian-belajar-menurut-ahli
Dari sini kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa pembelajaran adalah suatu proses interaksi yang melibatkan dua pihak yaitu pendidik atau yang memberikan pelajaran atau ilmu dan juga peserta didik atau yang menerima ilmu.
Sedangkan untuk pengertian belajar menurut para ahli seperti winkel adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan – perubahan dalam pengelolaan pemahaman, sedangkan menurut ahli lain yaitu Ernest R. Hilgard belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, kemudian menimbulkan perubahan, keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Maka dari itu belajar dapat diartikan sebagai suatu proses dalam sebuah perbuatan yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman atau perubahan sikap dan perilaku yang setiap perubahan dapat berbeda beda, belajar dilakukan secara sengaja untuk mendapatkan sebuah perkembangan dan perubahan bagi setiap individu, dan tentunya setiap individu juga akan mengalami perubahan yang berbeda beda sesuai dengan pemahaman mereka masing – masing.
Perbedaan pengertian keduanya harus kita terima sehingga tidak terjadi salah arti atau salah tafsir mengenai arti dari keduanya. Kebanyakan orang memiliki arti mengenai pembelajaran dan belajar sama, ini yang membuat kebanyakan orang mengsalah artikan mengenai pembelajaran dan juga belajar.
Sehingga dari pemaparan yang telah dijelaskan diatas dapat disimpukan sebuah perbedaan mengenai pembelajaran dan juga belajar. Dimana pembelajaran adalah sebuah proses interaksi antara dua pihak yaitu pendidik dan juga peserta didik sedangkan pengertian belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang disengaja untuk mendapatkan sebuah pemahaman dan juga mengalami sebuah perkembangan dan perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar