Sebelumnya mari kita telaah mengenai pengertian
pembelajaran dahulu, pembelajaran memiliki banyak arti menurut para
ahli. Menurut Warsita “pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat
peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta
didik, sedangkan menurut Sudjana pembelajaran dapat diartikan sebagai
setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi
kegiatan edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik dan
pendidik yang melakukan kegiatan membelajarkan.
Dari sini kita dapat menarik sebuah kesimpulan
bahwa pembelajaran adalah suatu proses interaksi yang melibatkan dua
pihak yaitu pendidik atau yang memberikan pelajaran atau ilmu dan juga
peserta didik atau yang menerima ilmu.
Sedangkan untuk pengertian belajar menurut para ahli
seperti winkel adalah semua aktivitas mental atau psikis yang
berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan
perubahan – perubahan dalam pengelolaan pemahaman, sedangkan menurut
ahli lain yaitu Ernest R. Hilgard belajar merupakan proses perbuatan
yang dilakukan dengan sengaja, kemudian menimbulkan perubahan,
keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Maka dari itu belajar dapat diartikan sebagai suatu
proses dalam sebuah perbuatan yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman
atau perubahan sikap dan perilaku yang setiap perubahan dapat berbeda
beda, belajar dilakukan secara sengaja untuk mendapatkan sebuah
perkembangan dan perubahan bagi setiap individu, dan tentunya setiap
individu juga akan mengalami perubahan yang berbeda beda sesuai dengan
pemahaman mereka masing – masing.
Perbedaan pengertian keduanya harus kita terima
sehingga tidak terjadi salah arti atau salah tafsir mengenai arti dari
keduanya. Kebanyakan orang memiliki arti mengenai pembelajaran dan
belajar sama, ini yang membuat kebanyakan orang mengsalah artikan
mengenai pembelajaran dan juga belajar.
Sehingga dari pemaparan yang telah dijelaskan diatas
dapat disimpukan sebuah perbedaan mengenai pembelajaran dan juga
belajar. Dimana pembelajaran adalah sebuah proses interaksi antara dua
pihak yaitu pendidik dan juga peserta didik sedangkan pengertian belajar
dapat diartikan sebagai suatu proses yang disengaja untuk mendapatkan
sebuah pemahaman dan juga mengalami sebuah perkembangan dan perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar