Rabu, 11 September 2013

Fakta Unik Kupu-Kupu

Kembali lagi, nih, kali ini aku akan membahas beberapa fakta unik dari serangga yang imut dan lucu yaitu KUPU-KUPU. Aku ingin menyampaikan fakta ini karena terinspirasi dari keindahan alam Indonesia *ceilah*. Langsung aja deh kita lihat fakta fakta uniknya.:)

1) Bagian Tubuh Kupu-Kupu
a. Kepala
Terdiri dari mata, antena (sungut perasa) *bukan antena TV*  -_- , dan juga probiosis alias lidah untuk menghisap nektar bunga
b. Bagian Tengah (Thorax)
c. Bagian Belakang (Abdomen)
Ada sekitar 17.500 spesies kupu kupu di dunia. Bentuknya sangat beragam *bukan seragam* meliputi kupu-kupu putih, biru, dan skipper. Terkadang kupu-kupu dinamakan berdasarkan bentuk, warna, ataupun kebiasaannya
 
Kupu Kupu Swallowtail ini diambil namanya dari ujung sayapnya yang mirip ekor burung layang-layang
 
Kupu-Kupu Tortoiseshell diambil namanya dari sayapnya yang menyerupai cangkang kura-kura
 
Kupu-Kupu Blue Morpho diambil dari sayapnya yang berwarna biru cerah.
Kupu-Kupu Brush-Footed memiliki bulu di kakinya
 
 
 
 
 
 
 
2) Perbedaan Kupu-Kupu dan Ngengat
Kupu-kupu dan ngengat memang bentuknya hampir sama. Tapi, kupu-kupu mempunyai antena yang menggembung di ujungnya, sedangkan ngengat berantena kecil.Kupu-Kupu terbang sepanjang hari dan menangkupkan sayapnya saat beristirahat. Namun ngengat terbang di malam hari dan tetap mengembangkan sayapnya saat beristirahat
3) Tempat hidup kupu-kupu
Kupu-kupu hidup di mana-mana kecuai di daerah salju abadi alias Antartika. Kupu-kupu memilih tinggal di tempat yang banyak bunga karena mereka memang memakan nektar bunga. Ada yang tinggal di puncak dan lereng gunung juga, sih. Tapi nih, guys lebih banyak kupu-kupu tinggal di hutan hujan, ataupun daerah-daerah teduh dan sejuk lainnya.
 
Kupu-Kupu Speckled Wood ini suka berjemur di tempat 
yang banyak cahaya, dan pastinya di hutan.
Kupu-Kupu black-veined white ini dapat dijumpai di daerah pertanian, kebun buah, daerah hutan, dan tanaman pagar.





 
Kupu-kupu ini dapat dijumpai di padang rumput penuh bunga




3) Variasi Bentuk Telur Kupu-Kupu
Telur kupu-kupu, sih sama aja sebenernya kecil-kecil juga, kan? Tapi kalau kita perhatikan, warna dan benuknya berbeda, cara menaruhnya juga berbeda-beda, kok. Nih kita lihat, ya!

Ini adalah telur dari kupu-kupu skipper












Kalau yang lonjong-lonjong ini telur Red Admiral

 Tapi dari sekitar 100 telur kupu-kupu hanya ada 1 kupu-kupu yang dapat hidup, sisanya ya mati dimakan predator atau terkena penyakit. Wah kasihan sekali, ya! Kan, jadi gampang punah, makanya untuk kakak-kakak yang suka mengoleksi dan mengawetkan kupu-kupu jangan terus mengambil kupu-kupu karena mereka hidupnya singkat dan hanya punya sedikit sekali keturunan :)

4) Indra Kupu-Kupu
Kupu-Kupu mempunyai dua mata majemuk yang terdiri dari ratusan mata di dalamnya yang saling bekerja sama untuk melihat warna, termasuk melihat warna yang tidak dapat dilihat oleh mata kita.Kupu-Kupu bisa melihat garis gelap di atas daun bunga alias garis-garis yang dimenuju tempat  harta karun nektar disimpan. Antena juga termasuk alat indra sebagai indra penciuman. Dan bulu kaki sebagai indra pengecap.

 
Kupu-Kupu Green Birdwing mencicipi bunga dengan menggunakan pengecap di kakinya
5) Kupu-Kupu Populer
 
Queen Alexandra Birdwings, kupu-kupu terbesar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar