Jumat, 16 Agustus 2013

Kucing Burmilla

Sejarah
Pada tahun 1981 seorang wanita bernama Miranda Bickford-Smith membeli seekor kucing Chinchilla (persia chinchilla) jantan untuk hadiah ulang tahun suaminya. Kucing tersebut diberi nama  Jemari Sanquist. Tetangga Miranda mempunyai seekor kucing betina Ras Burmese yang bernama Bambino Lilac Faberge. Pada suatu ketika Faberge memasuki masa subur (birahi, minta kawin), pemiliknya mengrung Faberge agar tidak dikawini kucing lain. Entah bagaimana caranya Faberge berhasiil keluar dan mengunjungi Sanquist.
Dari perkawinan Sanquist (Ras Persia Chinchilla) dan Faberge (Ras Burmese), lahirlah empat ekor anak kucing berbulu pendek, dengan pola warna black silver shade. Keempat kucing ini mempunyai temperamen dan  sifat yang khas. Akhirnya diputuskan untuk memulai suatu program perkembangbiakan ras yang terkontrol.

Kucing Ras Burmilla
Kata Burmilla sendiri merupakan gabungan dari Burmese dan Chinchilla. Baru pada  tahun 1984 standar ras Burmilla diakui. Tetapi baru pada tahun 1997 Burmilla diakui sebagai sebuah ras kucing dengan sifat-sifat genetik yang stabil. Di Inggris, Burmilla telah mendapatkan pengakuan FiFe sebagai sebuah ras dalam kontes kucing pada tahun 1990.
Penampilan Burmilla
Burmilla adalah kucing berukuran sedang, dengan sifat-sifat fisik yang mirip dengan Burmese. Mempunyai bulu pendek, padat dan lembut. Warna gelap seperti "eye liner" mengelilingi mata hijau merupakan salah satu ciri khas Burmilla.
Karena nenek moyang Burmilla adalah ras Chinchilla, kucing-kucing Burmilla mempunyai gen bulu panjang. Beberapa anak kucing Burmilla  mempunyai bulu panjang. Sepertihalnya ras-ras lain yang mempunyai versi bulu panjang dan versi bulu pendek, versi bulu panjang dari Burmilla adalah ras tersendiri yang bernama Tiffany.
Ras Burmilla mempunyai badan yang cukup berotot, muka agak membulat, dan moncong pendek. Berat dewasa ras ini berkisar antara 4 - 5 Kg.
Burmilla mempunyai warna bermacam-macam seperti black, blue, champagne, chocolate, cream, lilac, platinum dan red. Bisa juga muncul warna tortie dengan kombinasi warna black, blue, brown, chocolate dam lilac.
Temperamen
Temperamen Burmilla merupakan gabungan dari  Burmese dan Chinchilla. Mereka aktif dan suka bermain seperti Burmese umumnya. Tetapi sifatnya tidak terlalu over aktif seperti ras burmese asli karena diimbangi dengan sifat Chinchilla yang tenang dan anggun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar