Sabtu, 15 Maret 2014

Kandungan Buah Sirsak

Buah sirsak (Anona muricata Linn) Tanaman ini dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Memiliki bentuk yang unik, warna buah hijau dan ada beberapa duri lunak semacam, pohon sirsak bisa mencapai ketinggian 9 meter. Kandungan buah sirsak memiliki banyak manfaat kesehatan karena memiliki begitu banyak nutrisi, termasuk karbohidrat, fruktosa, berbagai vitamin dan asam askorbat. Rasa asam-manis buah sirsak membuatnya menjadi favorit untuk berbagai jus dan minuman. Rasa asam sirsak berasal dari asam organik, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.


Buah sirsak menawarkan berbagai manfaat positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buah, daun, dan bahkan pohon. Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan jamu, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Di balik manfaat ini ternyata tidak keluar dari rahim yang berisi acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, asam gentisic, gigantetronin, asam linoleat, muricapentocin. Kandungan senyawa ini banyak manfaat bagi tubuh, bisa menjadi menyembuhkan penyakit atau untuk meningkatkan imunitas.




Fakta Nutrisi Pada Buah Sirsak
Buah sirsak kaya akan serat dan vitamin. Kandungan serat makanan dalam sirsak mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. Konsumsi 100 g daging buah sirsak dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat harian. Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram pada daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak.


Serat sangat baik untuk membantu pencernaan dan detoksifikasi, sedangkan vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat proses penuaan (awet muda). Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan.


Sirsak juga mengandung fosfor dan kalsium, masing-masing 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral penting untuk pembentukan massa tulang yang memungkinkan Anda untuk membangun tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Keunggulan sirsak terletak pada kandungan sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat baik untuk mencegah hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar